Motto "Menuju Nagari yang Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Gafhur"

Artikel

Antusias Masyarakat dan Mahasiswa KKN UNAND Dalam Menghadiri Wirid Bulanan Se-Nagari Sungai Naniang

21 Juli 2023 14:39:42  Administrator  378 Kali Dibaca 
Tanggal & Jam 16 Juli 2023 10:39:04
Lokasi Masjid Mukhlisin Jorong Batu Balabuah 1
Koordinator

Sungai Naniang merupakan nagari yang terletak di Kecamatan Bukik Barisan Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Masyarakat Kenagarian Sungai Naniang memiliki kegiatan rutin, salah satunya wirid bulanan. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari organisasi kemasyarakatan yaitu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga). Wirid dilaksanakan pada minggu pertama atau minggu ke dua setiap bulannya secara bergilir pada tiap - tiap jorong. Pada bulan ini, kegiatan dilaksanakan pada Minggu (16/07/2023) di Jorong Batu Balabuah 1 tepatnya di Masjid Mukhlisin. Acara wirid bulanan merupakan acara besar se kenagarian Sungai Naniang, sehingga di ikuti oleh ibu - ibu Majelis Ta'lim yang berasal dari masing-masing jorong. Tidak mau  ketinggalan, sebagian dari bapak-bapak juga ikut andil dalam kegiatan wirid. Mahasiswa Universitas Andalas yang melaksanakan KKN di Sungai Naniang juga berkesempatan untuk menghadiri kegiatan ini.

Keseruan Masyarakat dan Mahasiswa KKN UNAND menuju lokasi Wirid

Keseruan Masyarakat dan Mahasiswa KKN UNAND menuju lokasi Wirid

Menariknya, mahasiswa KKN Universitas Andalas menjadi pengisi acara dalam wirid bulanan se-Kenagarian Sungai Naniang. Wirid di awali pembukaan oleh pembawa acara yang bernama Zicky Ridho Aprilian Mahasiswa Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian, lalu Qoriah oleh Nahda yang merupakan warga Jorong Batu Balabuah 1, selanjutnya Kata sambutan dari pengurus Masjid Mukhlisin Haji Yusriman diwakilkan oleh Kepala Jorong Batu Balabuah 1 Dedi Rahman, kata sambutan Ketua tim penggerak PKK Hj. Syafni Hariyanti di wakilkan oleh sekretaris tim penggerak PKK, kata sambutan oleh Wali Nagari Sungai Naniang H. Penyul Hasni dan terakhir kata sambutan dari Ketua KKN Universitas Andalas Hadyan Imal Fahtoni mahasiswa jurusan Kedokteran Universitas Andalas. Selanjutnya Do'a oleh Wira Sanjaya mahasiswa jurusan Farmasi, selanjutnya pengenalan dari mahasiswa KKN Sungai Naniang Universitas Andalas.

kata sambutan oleh Wali Nagari Sungai Naniang H. Penyul Hasni

Kata sambutan oleh Wali Nagari Sungai Naniang H. Penyul Hasni

Sekitar lebih 300 orang jamaah menghadiri Wirid pengajian

Sekitar lebih 300 orang jamaah Nagari Sungai Naniang menghadiri Wirid pengajian

Selanjutnya inti dari acara wirid bulanan adalah ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Dt. Bijo. Yang membahas tentang kehidupan yang harus dijalani, tanpa membuat kerusakan. “ sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang yang membuat kerusakan, sungguh yang beriman dan berbuat kebaikan , maka akan dimakmurkan. Q.S At Thaha: 124-125 (siapa yang berpaling dari peringatanKu, sungguh di akan menjalani kehidupan yang sempit). Acara wirid di tutup oleh MC dan diakhiri dengan shalat Zuhur berjama’ah.

Tanggapan salah satu mahasiswa KKN oleh Zicky Ridho Aprilian selaku pembawa acara “ Pengalaman baru bagi saya sendiri dalam membawa acara, dimana antusias dan partisipasi masyarakat tinggi dalam mempersiapkan acara wirid bulanan ini, diantara dalam masyarakat itu saling peduli antara pelaksana dan partisipasinya”.

Berdasarkan hasil wawancara Raidha Qatrunnada selaku mahasiswa KKN Universitas Andalas dengan Bapak Dedi Rahman selaku Kepala Jorong Batu Balabuah 1, beliau menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang mengikuti acara wirid bulanan serta mahasiswa KKN yang telah membantu mempersiapkan kegiatan.

Kepala Jorong Batu balabuah 1, Ketua KKN SUNA dan Mahasiswi KKN UNAND

Kepala Jorong Batu Balabuah 1, Ketua KKN SUNA 2023 dan Mahasiswi UNAND

“Saya sangat bersyukur karena acara ini berjalan dengan lancar, dimana tidak luput dari kebersamaan masyarakat yang ada di jorong ini. Saya berterima kasih kepada mahasiswa KKN Universitas Andalas yang telah membantu mempersiapkan acara. Harapan saya untuk kedepannya acara wirid ini harus lebih baik dan sukses serta dapat menjalin silaturrahmi” ujar Bapak Dedi.

            Kebersamaan Mahasiswa KKN UNAND dengan Jamaah Wirid        Kebersamaan dengan Masyarakat Kampung Baru

Kebersamaan Mahasiswa KKN UNAND dengan Jamaah Wirid

Foto Bersama Mahasiswa KKN UNAND

Foto Bersama Mahasiswa KKN UNAND

by line: Nadila Rahma Putri (Sastra Indonesia UNAND) dan Aldini Nasmila (Ekonomi Pembangunan UNAND)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Info Media Sosial

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Suliki Sungai Dadok Km 19 Nagari Sungai Naniang
Nagari : Sungai Naniang
Kecamatan : Bukik Barisan
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26257
Telepon : 082283769749
Email : sungainaniang09@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:21
    Total Pengunjung:28.108
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.221.70.232
    Browser:Tidak ditemukan