Motto "Menuju Nagari yang Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Gafhur"

Artikel

Sinergi Mahasiswa KKN Unand dan Masyarakat Nagari Sungai Naniang dalam Menyemarakkan HUT RI Ke-78

21 Agustus 2023 12:17:24  Administrator  248 Kali Dibaca 

Dalam rangka menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Mahasiswa KKN Unand berkolaborasi dengan masyarakat Nagari Sungai Naniang untuk menyemarakkan HUT RI KE-78. Dalam menyambut serta menyemarakkan HUT RI Ke-78, tradisi yang dilakukan oleh masyarakat adalah dengan mengadakan lomba. Berbagai lomba diselenggarakan seminggu menjelang hari kemerdekaan di Nagari Sungai Naniang. Seluruh masyarakat Nagari Sungai Naniang begitu antusias dengan berbagai lomba yang sudah dipersiapkan pada akhir Bulan Juli sebelumnya. Seluruh kalangan masyarakat diikutsertakan dalam berbagai kegiatan lomba, mulai dari TK, SD, SMP, PKK, Umum (Seluruh Masyarakat, Kelompok Tani, dsb), dan Guru.

Lomba-lomba yang diselenggarakan disesuaikan dengan seluruh kalangan masyarakat. Seperti halnya kegiatan lomba yang diperuntukkan pada tingkat TK, maka kegiatan lomba yang diselenggarakan antara lain Lomba Mewarnai, Lomba Ayat Pendek, Lomba Pembacaan Do’a (Sebelum dan Sesudah Makan), Lomba Fashion Show (Pakaian Adat), Lomba Pacu Kelereng, dan Lomba Tarik Tambang. Kemudian, lomba-lomba pada tingkat SD dan SMP dengan cabang kegiatan lombanya dibagi menjadi tiga cabang, antara lain Cabang Olahraga, Cabang Kesenian, dan Cabang Keagamaan. Pada cabang olahraga, terdapat Lomba Sepak Bola Mini, Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Karung, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Pacu Kelereng Estafet, Lomba Gerak Jalan, Lomba Botol, dan Lomba Volly Mini. Kemudian pada cabang kesenian, terdapat Lomba Nyanyi Solo Minang, Lomba Tari Minang Kreasi, Lomba Busana Muslim, dan Lomba Puisi Perjuangan. Sedangkan, pada cabang keagamaan, terdapat Lomba Cerdas Cermat (Pengetahuan Umum dan Agama), Tahfidz Al-Qur’an, Shalat Jenazah Berjamaah, Adzan, Ranking 1. Selanjutnya pada tingkat Guru, terdapat Lomba Nyanyi Solo Minang, Lomba Volly Putri, dan Lomba MC. Pada tingkat Umum, dibagi menjadi tiga cabang lomba, antara lain Cabang Olahraga, Cabang Kesenian, dan Cabang Keagamaan. Pada cabang olahraga, terdapat Lomba Sepak Bola Kain Sarung, Lomba Volly Ball, Lomba Parut Kelapa, Lomba Moindang, Lomba Tarik Tambang, Lomba Pacu Kelereng, Lomba Balap Karung, Lomba Manumbuak 2, Lomba Membuat Teh Telur, dan Lomba Senam PKK. Berikutnya pada cabang kesenian, terdapat Lomba Tari Rantak, Lomba Nyanyi Solo Minang, dan Lomba Nyanyi Duet Minang. Terakhir, pada cabang lomba keagamaan, terdapat Lomba Imam Shalat, Lomba Pidato Adat, dan Lomba Cerdas Cermat. Kemudian yang terakhir,  lomba yang diperuntukkan pada PKK, antara lain Lomba MC, Lomba MC Kader, PMT Balita, Lomba Baju Kuruang Basiba, Lomba Pengolahan Limbah, Lomba Ranking I Kader Posyandu, dan Lomba Adat Kebudayaan.

Salah satu kegiatan lomba, yaitu Lomba Manumbuak

Salah satu warga mengatakan, “Lomba-lomba yang diadakan setiap tahunnya di nagari sungai naniang memang banyak cabang-cabangnya, makanya Mahasiswa KKN Unand tahun 2022 kemaren banyak yang kecapean. Jadi, kalian harus kuat-kuat ya staminanya hingga kegiatan perlombaan berakhir.” Cuitan tersebut secara tidak langsung menjadi cambukan bagi kami yang sedang KKN di Nagari Sungai Naniang ini. ‘Mereka saja bisa, harusnya kami juga harus lebih bisa’, gumam kami saat mendengarkan cuitan tersebut.

           Kegiatan lomba seluruhnya dilaksanakan pada siang hari. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi seluruh masyarakat Sungai Naniang untuk tidak semangat dalam mengikuti tiap-tiap lomba yang mereka ikuti. Antusias yang begitu tinggi dari anak-anak hingga Orang Tua menjadikan kegiatan acara perlombaan yang diikuti penuh dengan keceriaan.

Antusias Masyarakat Nagari Sungai Naniang dalam mengikuti dan menyaksikan lomba

           Lomba ini ditutup dengan pembagian hadiah Juara 1 dan Juara 2 kepada seluruh masyarakat Nagari Sungai Naniang yang mengikuti lomba. Pembagian hadiah dibagikan pada saat malam di tanggal 18 Agustus 2023 atau disebut juga dengan Malam Resepsi. Pembagian hadiah ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara sesama masyarakat dan juga antara masyarakat dengan mahasiswa.

Mahasiswa KKN Unand Foto Bersama dengan Ibu-ibu Juara Ranking 1 Kader Posyandu

 

by line: Salsabila Noer Afisya ( Mahasiswi Ilmu Politik UNAND)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Info Media Sosial

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Suliki Sungai Dadok Km 19 Nagari Sungai Naniang
Nagari : Sungai Naniang
Kecamatan : Bukik Barisan
Kabupaten : Lima Puluh Kota
Kodepos : 26257
Telepon : 082283769749
Email : sungainaniang09@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:24
    Kemarin:39
    Total Pengunjung:29.477
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.112.70
    Browser:Tidak ditemukan